Topang Perekonomian Daerah Pemkab Solok Dorong Pengembangan UMKM

By admin 01 Mei 2017, 16:59:09 WIBUKM

Topang Perekonomian Daerah Pemkab Solok Dorong Pengembangan UMKM

Keterangan Gambar : Bupati Solok,H. Gusmal dorong Pengembangan UMKM,sebagai langkah nyata Pilar Pembanguan Perekonomian Berbasis Masyarakat


“Langkah Nyata Pilar Pembanguan Perekonomian Berbasis Masyarakat”

Solok, anta-news.com – Upaya terus menerus untuk mengoptimalkan perekonomian daerah dengan peningkatan peluang dan akses ekonomi berbasis kerakyatan, oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok, salah satunya dengan penguatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Koperasi. Sementara dari data yang ada, pada tahun 2016 setidaknya ada lebih kurang 12. 847 UMKM yang tersebar di 74 Nagari dalam 14 Kecamatan yang ada di Kabupaten Solok. Adapun jumlah ini meningkat sangat drastis dibanding beberapa tahun silam.

unnamed

Bupati Solok, H. Gusmal, berikan sambutan pada acara SeminarTemu Usaha peningkatan kemitraan usaha bagi UMKM dan Koperasi Kabupaten Solok, diruang Pelangi Arosuka

Bupati Solok, H. Gusmal Dt. Rajo Lelo, ketika membuka Seminar Temu Usaha peningkatan kemitraan usaha bagi UMKM dan Koperasi Kabupaten Solok, diruang Pelangi Arosuka mengatakan, Peningkatan dan pengembangan UMKM dan koperasi yang ada saat ini, merupakan buah kerja sama semua pihak dalam mendorong realisasi Visi Pemkab Solok untuk mewujudkan masyarakat yang maju dan mandiri melalui 4 Pilar Pembangunan, salah satunya pembangunan ekonomi berbasis kerakyatan.

unnamed-4

Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin, ketika meninjau produk UMKM dan lngsung berdialog dengan pelaku usaha

“ Dimana, sektor UMKM dan Koperasi merupakan salah satu penopang dan pendorong pembangunan perekonomian Kabupaten Solok, oleh karena itu kita akan mendukung usaha-usaha masyarakat ini agar bisa lebih berkembang lagi,” ungkap Bupati Solok H. Gusmal.

Seminar yang diprakarsai oleh Pemkab Solok melalui Dinas Koperindag dan UMKM ini melibatkan sebanyak 175 orang peserta, yang tergabung dalam berbagai asosiasi seperti Asosiasi Pedagang Keliling, Asosiasi Pengusaha Batu Bata, Asosiasi Pengusaha Depot Air, Asosiasi Industri Makanan dan lainnya.

Staf Ahli Kementrian Koperasi dan UMKM yang juga sekaligus Pokja Setnas Mayarakat Ekonomi Asean (MEA) bidang UMKM, Dr. Ir. Pariaman Sinaga, MM, hadir sebagai pembicara. Selain itu, juga hadir pembicara lain yakni, Pembina Usaha Kecil dan Koperasi, yang juga merupakan Kepala PT. Telekomunikasi Sumbar, Wildan Sabirin.

unnamed-8

Bupati Solok didampingi Plt.Kepala Dinas Koperindag dan UMKM, Nasripul Romika, sefahkan bantuan alat bordir kepada pelaku UMKM

Lebih lanjut, H. Gusmal, dalam sambutannya menyampaikan, pertumbuhan ekonomi sangat bergantung sekali terhadap investasi, baik dari investasi pemerintah, Investasi Swasta dan maupun masyarakat. Investasi Pemerintah sangat terbatas maka investasi dari pihak swasta dan masyarakatlah yang sangat mendorong untuk kemajuan sektor UMKM.

Memang diakui oleh Bupati, berbagai kendala masih menghantui kemajuan usaha mikro, Kecil Menengah di Kabupaten Solok, salah satunya adalah kemampuan produksi yang masih terbatas. Disamping itu, Kualitas produk juga harus ditingkatkan agar mampu bersaing dengan produk produk luar daerah.

unnamed-3

Bupati Solok, H.Gusmal berikan sambutan pada penyerahan bantuan alat kepada para pelaku UMKM

“Oleh karena itu, selain pembenahan dan pengembangan usaha usaha UMKM yang ada, kita juga akan mendorong pihak swasta untuk mau berinvestasi di daerah ini. Kalau Mutu, Rasa dan kemasan produk UMKM kita kurang menarik, maka akan kalah saing dengan produk dari luar apalagi sejak berlakunya MEA akhir tahun lalu. Oleh sebab itu, kualitas dan kuantitas produk UMKM harus ditingkatkan agar diminati oleh konsumen,” ujar, H. Gusmal.

Kedepan, tambah Bupati, Pemkab Solok melalui Dinas Koperindag dan UMKM juga akan membantu dalam pemasaran dan promosi produk-produk UMKM hasil daerah sendiri dengan bekerjasama dengan sejumlah pihak. Selain itu, Pemkab juga akan membangun 3 Outlet Produk UMKM di sejumlah kawasan strategis Bumi Markisah. Ditambah lagi saat ini, Outlet UMKM yang sedang dibangun ada di Kawasan perbatasan dengan kota Solok yakni di By Pas Salayo, lokasi ini merupakan lokasi yang sangat strategis karena menjadi pusat transit dan lalu lintas utama, nantinya juga akan dibangun lagi di kawasan Taman hutan kota Terpadu Aro Suka dan di Kawasan Islamic Center Koto Baru.

unnamed-7

Salah satu penerima bantuan UMKM sangat gembira menerima bantuan dari Pemkab Solok, yang langsung di serahkan oleh Bupati

“Setiap tamu daerah akan kita bawa kesana, dan akan dipromosikan dengan gencar. Makanya kita harus siap dengan kualitas produk baik dari mutu, rasa dan kemasan yang menarik. Dan saya tegaskan, bukanlah hal yang sulit bila pengusaha punya perencanaan dan program yang jelas,” kata orang nomor satu di Pemkab. Solok ini.

“Disiplin, dan yang paling penting kejujuran. Karena banyak pihak yang menawarkan bantuan permodalan baik dari pihak Bank dengan bunga lunak maupun pihak lainnya. Saya yakin akan bisa lahir pengusaha pengusaha besar yang berasal dari UMKM yang ada di Kabupaten Solok,” tutup, H. Gusmal.

Pada kesempatan tersebut, Narasumber Pariaman Sinaga sangat mengapresiasi 4 pilar pembangunan yang diusung oleh pemerintah Kabupaten Solok, salah satunya yakni pembangunan ekonomi berbasis kerakyatan dalam mewujudkan pengusaha pengusaha UMKM yang memiliki daya saing.

“Mindset mayoritas masyarakat indonesia masih belum jauh berubah, mari dorong masyarakat untuk mau merintis usaha dalam lingkaran UMKM dan koperasi agar masyarakat dapat menikmati pertumbuhan ekonomi, dan apresiasi kepada Bupati Solok dengan program 4 pilarnya,” ungkap, Pariaman Sinaga.

unnamed-2

Pelaku UMKM di kabupaten solok dengan serius dengarkan paparan dari narasumber pada seminar Temu Usaha peningkatan kemitraan usaha bagi UMKM dan Koperasi

“Dan bagi daerah yang tidak siap, akan tergilas persaingan tapi daerah yang pintar akan menangkap ini sebagai sebuah tantangan dan peluang yang besar dalam memajukan perekonomian daerah,” tambahnya.

Secara terpisah, Plt. Kepala Dinas Koperindag dan UMKM, Nasripul Romika, menyampaikan, berbagai program sebelumnya telah digulirkan oleh Pemkab Solok dalam memajukan dan membekali para pelaku usaha UMKM di Kabupaten Solok baik pelatihan maupun seminar pengembangan usaha UMKM.

Seperti beberapa bulan Mei 2016 lalu, Pemkab Solok juga telah melakukan seminar atau pelatihan sehari bagi para pelaku usaha UMKM di Aula Kantor Walinagari Koto Baru dan diikuti oleh pelaku usaha makanan yang ada di Kabupaten Solok.

Perhatian Pemerintah terhadap sektor usaha UMKM, tambah, Nasripul Romika, diharapkan akan semakin menumbuhkan semangat berwirausaha masyarakat sehingga akan memunculkan pengusaha-pengusaha yang siap bersaing menghadapi MEA.

unnamed-1

Staf Ahli Kementrian Koperasi dan UMKM yang juga sekaligus Pokja Setnas Mayarakat Ekonomi Asean (MEA) bidang UMKM, Dr. Ir. Pariaman Sinaga, MM, hadir sebagai pembicara dalam seminar

“Bertempat di Aula Kantor Dinas Koperindag Kabuaten Solok, Koto Baru sebanyak 16 UMKM yang bergerak di bidang Bordir, Tenun dan makanan ringan mendapat bantuan langsung dari Pemkab. Solok,” beber Nasripul.

Diantaranya, 10 usaha Bordir masing masing mendapatkan bantuan  1 unit mesin bordir, sementara 5 usaha makanan mendapatkan bantuan masing masing 2000 lembar plastik kemasan dan 1 usaha tenun mendapatkan bantuan Alat Tenun Bukak Mesin. Dan bantuan tersebut langsung diserahkan oleh Bupati Solok, H Gusmal kepada pelaku UMKM

Pada kesempatan itu, Bupati Solok H. Gusmal Dt. Rajo Lelo berpesan kepada pelaku UMKM yang menerima bantuan untuk dapat memanfaatkan peralatan dan bantuan yang sudah diberikan dengan sebaik baiknya.

“ Pada kesempatan itu Bupati juga berpesan kepada pelaku UMKM yang menerima bantuan untuk dapat memanfaatkan peralatan dan bantuan yang sudah diberikan dengan sebaik baiknya. Kedepan pemerintah daerah akan selalu memperhatikan usaha masyarakat, terutama UMKM yang bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Solok,” ujar, Nasripul Romika. (Red)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

admin

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Bagaimana Pendapat anda tentang pelayanan publik di kabupaten solok?
  Sangat Jelek Sekali
  Kurang
  Cukup
  Baik

Komentar Terakhir