Dinas Koperindag Kabupaten Solok Laksanakan Lomba Marandang


Dibuat oleh : adminriko - Pemerintah - 10 bulan yang lalu

DKUKMPP, Arosuka-  Dinas Koperindag Kabupaten Solok Sumatera Barat melaksanakan lomba Marandang dua minggu yang lalu Rabu (30/3/22) tempat Taman Hutan Kota Wisata, Arosuka. Sekaligus puncak dari penutupan acara ulang tahun Kabupaten Solok ke 109.

Yang menghadiri Bupati Solok Capt. H. Epyardi Asda Dt. Sutan Majo Lelo, M.Mar, Ketua TP PKK Kabupaten Solok Ny. Emiko Epyardi Asda, SP, Unsur Forkopimda, Ketua Pelaksana sekaligus Asisten Koordinator Bidang Pemerintahan dan Kesra Edisar, SH, M.Hum, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Pimpinan BUMN dan BUMD dan tamu undangan lainnya.

 

Ketua Pelaksana Edisar, menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini bertujuan untuk memenuhi rangkaian kegiatan dalam rangka HUT Kabupaten Solok ke-109.

“Kegiatan ini telah dimulai dengan pembukaan pada 19 maret 2022 yang lalu dalam bentuk arak-arakan dan makan bajamba. Peringatan kali ini merupakan peringatan yang paling meriah dari peringatan yang telah dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya, dan hari ini sampailah pada acara penguhujung yang akan ditutup pada siang nanti dengan agenda Kabupaten Solok Marandang dan Lomba Ayam Kukuak Balenggek,” kata Edisar.

Ianya berharap, di HUT Kabupaten Solok ke-109 ini dapat menjadi momentum semangat untuk kemajuan daerah sesuai dengan visi daerah Mambangkik Batang Tarandam.

Kemudian Bupati Solok Epyardi Asda mengucapkan terima kasih kepada panitia atas inisiatif untuk membangkitkan potensi yang ada di Kabupaten Solok ini dengan mengadakan Kabupaten Solok Marandang dan Lomba Kukuak Ayam Balenggek.

“UKM Nanantinya di Kabupaten Solok ini akan kita bina sebaik-baiknya, rendang akan kita fasilitasi agar bisa tumbuh dan berkembang sehingga bisa dikenal masyarakat. Kepada Dinas Koperindag dan Pariwisata diharapkan membantu memfasilitasi bagaimana Rendang Solok ini layak dipasarkan dan dapat izin sesuai peraturan yang berlaku,” kata Epyardi Asda.

“Dan sebagai informasi, pada tahun ini kita sudah menganggarkan Solok akan membangun rumah kemasan rendang sendiri. Kepada BKD agar dapat bekerja sama dengan Koperindag agar kawasan ini ditata sebaik-baiknya dan para pedagang mendapatkan tempat di THKW ini,” lanjutnya.

“Saya berharap, Ibukota Kabupaten Solok ini akan bangkit dan maju untuk mewujudkan. Kita THKW ini betul-betul bisa dinikmati warga Kabupaten Solok. Semoga sukses untuk semua peserta lomba dan mudah-mudahan menjadi yang terbaik. Bersama kita yakin pasti bisa,” tegas bupati.

Acara dengan lokasi lomba dan kemudian dilaksanakan Makan Randang Bajamba.

Diwaktu yang terpisah dengan Kepala Dinas Koperindag Ahpi Gusta Tusri, S.STP, M.Si menambahkan, dengan adanya lomba marandang kita bisa membentuk kelompok marandang, dan akan kita bina sesuai dengan Arahan bapak Bupati Solok. Ungkap Cici.

Lebih lanjut cici mengatakan, dengan hasil penilaian dari dewan juri, kita sudah mendapatkan pemenang lomba marandang.

Juara I : Nagari Taruang-taruang Sei lasi

Juara II : Nagari Parambahan

Juara III : Nagari Dilam

Harapan I : Nagari Singkarak

Harapan II : Nagari Kinari

Harapan III : Nagari Koto Baru

Favorit I : Nagari Aie Dingin

Favorit II : Nagari Simp. TJ Nan IV

Favorit III : Nagari Bukit Tandang

Favorit IV : Nagari Sungai Nanam

Favorit V : Nagari Sulit Air

Favorit VI : Nagari Jawi – Jawi

"Dengan hasil ini kita akan membentuk kelompok merandang agar randang-randang yang ada dikabupaten solok lebih dikenang di Nusantara. "Tutup Kepala Dinas yang selalu ramah ini. (Admin)