DKUKMPP Gelar Pelatihan Kerajinan Eceng Gondok


Dibuat oleh : admin - UKM - 2 bulan yang lalu

Kotobaru, Selayo – Demi  peningkatan keterampilan pelaku UKM, bidang UKM dari Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (DKUKMPP) Kabupaten Solok mengadakan Kegiatan Pelatihan Kerajinan Eceng Gondok, yang bertempat di Galeri Gedung Promosi di Jl Bypass Selayo Kecamatan Kubung Kabupaten Solok. Kegiatan tersebut dimulai pada hari Senin tanggal 24 Oktober 2022 dan berakhir di tanggal 26 Oktober 2022.

Untuk menunjang kegiatan, DKUKMPP mendatangkan seorang pelatih berpengalaman, dari Iranty Design, bernama Cocos Trisada Dasawullan, yang akan mengajarkan cara membuat kerajinan dari tanaman eceng gondok. Tanaman yang selama ini menjadi hama, bisa dimanfaat  dengan cara diolah dan dirajut menjadi beragam bentuk produk seperti tas, alas kaki, topi, dan lain sebagainya. Tentunya ini akan menjadi sumber penghasilan bagi para pengrajin. “Dan bukan tak mungkin hasil dari kerajinan ini bisa menjadi komoditi ekspor ke luar negeri”, sambung Cocos dengan ramah, disela kegiatannya dalam meberikan bimbingan kepada pelaku UKM.

Acara dibuka oleh Kadis DKUKMPP Ahpi Gusta Tusri, SSTP, M.Si. Dia berpesan kepada peserta pelatihan agar benar-benar memanfaatkan momen ini dalam mengambil ilmu dari pelatih.

Pesan tersebut juga di-amin-kan oleh kepala bidang UKM, Ria Danareka, SH, M.Cio. Dan dia juga menambahkan agar peserta UKM menghadiri dan mengikuti pelatihan ini secara penuh, dengan harapan nanti bisa menghasilkan produk yang bermutu, sehingga bisa memenuhi standar produk siap ekspor.

Produk Hasil Pelatihan Kerajinan Eceng Gondok

 

Kunjungan Ke kediaman peserta pelatihan