Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022, DKUKMPP Kab Solok Ikut Andil Meriahkan Alek Rang Solok


Dibuat oleh : admin - Pemerintah - 2 bulan yang lalu

Solok, Kamis 22 September 2022, Kota Solok mengadakan event Rang Solok Baralek Gadang, yang berlokasi di hamparan Sawah Solok. Bermacam kegiatan seni tradisi, bazar, hingga festival layang-layang internasional ditampilkan untuk menghibur masyarakat maupun wisatawan yang berkunjung ke Kota Solok. Acara ini sendiri dimulai tanggal 22 hingga 25 September 2022. Dan untuk pertamakalinya event Rang Solok Baralek Gadang menjadi salah satu alek unggulan dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022.

"Event Rang Solok Baralek Gadang merupakan salah satu anugerah Kota Solok. Tanah Solok yang mempunyai indikasi geografis unik dapat menghasilkan beras dengan kearifan lokal dan terkenal di tingkat nasional", ujar Wali Kota Solok Zul Elfian Umar.

“Salah satu rahmat dari Allah adalah lahan Kota Solok yang subur. Tanah Solok punya indikasi geografis sehingga tanah yang subur menghasilkan bareh Solok dengan kearifan lokal yang luar biasa sehingga adat basandi syarak akan membumi di kota Serambi Madinah ini," ucapnya menambahkan.

DKUKMPP selaku dinas yang juga berkecimpung dalam hal pembinaan UKM, mendapat kesempatan untuk menampillan beberapa produk UKM pilihan kabupaten Solok. Seperti kain tenun, sulaman, batik, dipajang di stand bazar. Dan juga berbagai produk makanan seperti susu kedelai, keripik, kacang tojin merah, pensi dan olahan pensi, ikan Bilih goreng khas danau Singkarak, dan beberapa produk lainnya juga dipajang di meja bazar.

Walikota Solok, Ramadhani Kirana Putra, turut menyempatkan diri untuk mampir di stand bazar DKUKMPP Kab Solok. Hal ini tentu menambah semangat penjaga stand dalam memeriahkan even ini.