Rakor Dekranasda Ny. Hj. Emiko Epiyardi Asda, Masih Banyak Potensi Kerajinan yang Butuh Bimbingan dan Pemberdayaan


Dibuat oleh : adminriko - Pemerintah - 10 bulan yang lalu

DKUKMPP, Arosuka – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Solok Rapat Koordinasi untuk Pemantapan Program Kerja Tahun 2022, Kamis, Ruang Rapat Barenlitbang Arosuka (10/3/22).

Kegiatan tersebut langsung dihadiri oleh Ketua Umum Dekranasda Kabupaten Solok Ny. Hj. Emiko Epiyardi Asda, SP. dihadiri Ketua Harian Dekranasda Kabupaten Solok, KadisKominfo Kabupaten Solok Teta Midra, S.STP, M.Si, Kepala Barenlitbang, Pengurus Dekranasda dan
Kepala SKPD dilingkup Pemkab setempat. 

 

Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Solok Dekranasda Ny. Hj. Emiko Epiyardi Asda, SP Menyampaikan, diharaphkan semua bidang dapat bekerja semaksimal mungkin.   

Dalam penyampaiannya, ia mengatakan Rakor ini adalah pertemuan pertama kali setetlah Dekranasda dibentuk.


“Terimakasih atas kerja keras dalam pembinaan UMKM  yang ada di Kabupaten Solok,” ucap Hj. Emiko Epiyardi Asda.


Dengan adanya Rakor ini ujar Emiko, untuk pelaksanaan kegiatan selanjutnya, kami mengharapkan semua bidang terkait, agar dapat bekerja semaksimal mungkin. Karena, potensi – potensi dari hasil kerajinan Kabupaten Solok masih banyak membutuhkan bimbingan serta pemberdayaan.  

 

“Saya berharap, semua pengurus yang ada di Dekranasda dapat menjadi mata, telinga, dalam menghadapi kendala mungkin dihadapi oleh penggiat UMKM di seluruh Kabupaten Solok dan dicairkan solusinya,”kata Ny. Emiko.

 

Ia menambahkan bahwa, dalam rangka merayakan HUT Kabupaten Solok ke – 109, Dekranasda juga ikut andil untuk mengikuti kegiatan “Kabupaten Solok Marandang” insya allah akan dilaksanakan pada tanggal 30 Maret nanti, bertempat di THKW Arosuka, dengan pesertanya berasal dari 74 Nagari.


“Mari kita jadikan Dekranasda sebagai Rumah dari UMKM ” tutup Hj. Emiko Epyardi Asda.

Kepala Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan dan sebagai Ketua Harian Dekranasda Kabupaten Solok Ahpi Gusta Tusri, S.STP, M.Si, mengatakan ada beberapa kegiatan yang telah dilakukan sepanjang tahun 2021 yang lalu. Ungkapnya.

 

Lebihlanjut Cici Menyampaikan diantaranya,  produk kerajinan yang dapat dilaksanakan di Gedung Dekradasda Singkarak dalam rangka temu, yang juga difasilitasi oleh Dekradasda Provinsi Sumatera barat. 

 

Dikatakannya,  salah satu produk kerajinan Kabupaten Solok Batik Salingka Tabek, ikut serta dalam kegiatan temu bisnis di Kota Pekanbaru beberapa waktu yang lalu. Selain itu juga sedang mengupayakan penerbitan hak paten terhadap merk dua produk kerajinan yang ada di Kabupaten Solok, Batik Salingka Tabek dan Tenun Padi Sarumpun. Imbuhnya.

Menurutnya lagi, Untuk lebih memantapkan program kerja lanjutnya, Pengurus Dekranasda juga telah melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Probolinggo dan ke rumah kemasan UMKM.  Tak hanya itu, Dekranasda Kabupaten Solok juga melakukan kunjungan kerja dalam rangka menjalin kerjasama dengan SMESCO Indonesia.

“Nantinya bentuk kerjasama yang dilakukan dengan pihak SMESCO Indonesia adalah dilaksanakannya pelatihan terhadap 200 UMKM yang ada di Kabupaten Solok pada Tahun 2022 ini,” Akhirnya.

(Admin)